Semarang 28 April 2017 – Departemen Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Media Indonesia mengadakan workshop dengan tema “Konten Informasi Digital” yang bertempat di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Workshop ini merupakan program kerja dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia untuk mensosialisasikan digitalisasi yang sedang digerakkan oleh Pemerintah. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Djoko Agung Harijadi kegiatan workshop tersebut dapat merangsang kreativitas kaum muda untuk membuat info grafis dan video grafis yang bersifat informatif, persuasif, mudah dipahami, dan tentunya menarik.

Menurut Pemateri, sekarang ini sudah dua arah konunikasi jadi Pemerintah mencoba untuk merubah birokrasi yg ada yg sebelumnya up down namun juga button up dan berharap semoga mahasiswa tau persis Pemerintah tidak hanya memberikan output namun juga memberi edukasi kepada masyarakat, apabila Pemerintah mendirikan angunan saja itu bisa berdiri namun bagaimana kita (masyarakat) bisa memberi manfaat kepada masyarakat dan masyarakat dapat menjaga bangunan tersebut. Cara menjaganya contohnyalewat edukasi terus menerus.

Lanjut lagi diungkapkan masyarakat kadang menganggap pembangunan yang dibangun sebagai hal yang wajar dan media kurang meliput ketika pemberitaan mengenai suatu bangunan tersebut krna dinilai krg menarik dan ketika kita bandingkan Indonesia dengan Korea dulu keadaan Korea sama seperti kita namun mereka begitu cepat mengembangkan infrastruktur sehingga masyarakat didalamnya jauh lebih sejahtera.

Materi selanjutnya dipaparkan mengenai bagaimana cara mengisi konten yang baik dan menarik khususnya lewat media blog dan pentingnya infografis dalam pembuatan konten. Trik membuat infografis menurut Pemateri yakni:

  1. Memahami konten data
    1. Relevansi
    2. Kekinian
    3. Penting
    4. Cari referensi
    5. Efisien
    6. Infografis hrs bisa bercerita dgn data
  2. Menggali ide:
    1. Menetukan Tema
    2. Cari kata kunci
    3. Menggali tren visual
  3. Membuat headline (cari permasalahan yang provokatif dan tidak bias)
  4. Berpikir secara layout (keseluruhan)
  5. Posting infografis

Dalam workshop ini juga disamapikan bahwa yang paling penting dalam menciptakan konten adalah menjaga etika, antara lain:

  • Akurasi dan kebenaran
  • Melakukan verifikasi
  • Menggunakan ukuran dan skala
  • Mencantumkan penulis dan sumber

Workshop ini pun didukung penuh oleh antusiasme Mahasiswa Komunikasi Undip dan ditutup oleh MC pukul 15:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *