Keputusan Indonesia bergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memberi dampak pada perlunya kesiapan kualitas sumber daya manusia yang unggul kompetitif. Sektor pendidikan sebagai lokomotif pembangunan memiliki kiprah penting dalam persaingan pasar bebas ASEAN. Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro menyelenggarakan Communications Award and Excellence,  di Kampus Fisip Tembalang.

 Menurut Ketua Departemen, Hapsari Dwiningtyas kegiatan ini ditujukan mengapresiasikan prestasi yang sudah diraih para mahasiswa, rencananya kegiatan ini akan diadakan tiap tahun. Lebih lanjut disampaikan bahwa penghargaan efektif memicu semangat mahasiswa meraih prestasi. “Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Undip mendatang lebih bisa berprestasi, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional” Tandasnya.

 “Communications and Excellence Award merupakan tonggak awal jurusan Komunikasi untuk mencetak mahasiswa berprestasi” ungkap Ketua Departemen yang menjabat sebulan terakhir ini. Mbak Tyas panggilan akrabnya juga menegaskan semangat acara ini adalah memberikan inspirasi dan motivasi agar ke depan banyak mahasiswa berprestasi dihasilkan dari Departemen ini. “Sepanjang 2015-2016 Lebih dari 200 mahasiswa komunikasi yang berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang Communications Award, Diantaranya adalah 30 mahasiswa berprestasi Internasional, 135 tingkat nasional dan 43 di lokal dengan beragam  kejuaraan dari akademik maupun non akademik. Seperti Public Relations, Corporate Social Responsibility(CSR), Jurnalistik, Debat, Olahraga, Paduan Suara, Perwakilan Delegasi Indonesia di acara ilmiah” paparnya lebih lanjut.

Melalui kegiatan ini Departemen Ilmu Komunikasi dapat memetakan minat bakat mahasiswa, sehingga berbagai kajian pada sub bidang minat dapat di buat dan di kembangkan contohnya dalam bidang jurnalistik, perfilman akan dibuat kajian jurnalistik dan kajian perfilman. Dengan di bantu para mahasiswa prestasi tersebut  untuk menyalurkan estafet prestasi mereka ke adik-adik penerusnya melalui kajian-kajian sub bidang minat mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *