Update kali ini berkaitan sama event yang baru aja selesai diselenggarakan pada hari Sabtu 4 Mei 2013 kemarin, yup apalagi kalau bukan MNC Campus Fest. Langsung aja ya kita bahas selengkap-lengkapnya….

MNC TV bekerjasama dengan HMJ Comms menggelar sebuah rangkaian acara Seminar, Workshop, Lomba Presenter, dan juga Recruitment yang berjudul “MNC CAMPUS FEST”. Kegiatan yang terpusat di kampus FISIP Undip ini ternyata banyak banget peminatnya, terbukti hanya dalam dua hari sejak pendaftaran peserta resmi dibuka, kuota 300 orang langsung terpenuhi. Tema yang diangkat kemungkinan menjadi salah satu daya tarik dari acara ini. Tema Seminar dan Workshop dalam acara MNC Campus Fest kali ini adalah Program TV yang Mencerahkan dan Menginspirasi Pilihan Pemirsa. Kalau dicermati lagi, kita sebagai pemirsa media sebetulnya memang memiliki hak untuk memilih jenis-jenis tayangan yang harus ditayangkan oleh stasiun TV sebagai pihak media. Nah seminar dan workshop kali ini hadir untuk mengajak kita menjadi lebih kritis dan lebih melek media agar kita bisa menentukan mana tayangan atau program yang benar-benar bermutu, mencerahkan, dan menginspirasi masyarakat luas.

Beberapa pembicara yang mengisi acara seminar dan workshop MNC Campus Fest adalah Bapak Ray Wijaya selaku Pemimpin Redaksi News MNC TV, Ibu Endang Maryawati selaku Direktur Program dan Produksi, Ibu Nurul Hasfi perwakilan Dosen dari Ilmu Komunikasi Undip, dan juga Bapak Drs. Sosiawan, selaku staff dari KPID Jawa Tengah. Dan yang bertindak sebagai moderator untuk diskusi dalam acara seminar dan workshop kali ini adalah Mas Triyono Lukmantoro, dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP.

Beberapa jam sebelum acara workshop dan seminar dimulai, terlebih dahulu sudah diadakan lomba presenter baik itu presenter news maupun reporter di lapangan. Hadiahnya nggak tanggung-tanggung, satu buah Handphone Smartfren buat yang menjadi juara satu dalam lomba presenter ini. Antusias yang ditunjukkan peserta pun tinggi, setelah dijumlah ada sekitar 40 orang yang mengikuti lomba presenter ini. Ada yang spesial dalam lomba presenter ini, sebelum maju untuk menjajal kemampuannya, para peserta lomba akan diberikan coaching clinic terlebih dahulu oleh Intan Erlita, salah satu News Presenter dan Reporter dari MNC TV. Jadi peserta semakin yakin deh sebelum maju lomba. Selain lomba presenter tadi, masih banyak juga hadiah yang dibagi-bagikan dalam acara kali ini.

Setelah makan siang, acara utama dari rangkaian MNC Campus Fest pun dimulai, Seminar dan Workshop yang bertemakan Program TV yang Mencerahkan dan Menginspirasi Pilihan Pemirsa. Dibuka oleh Ibu Endang yang menjelaskan cara kerja media penyiaran mulai dari produksi acara, pengiriman sinyal gambar, pemasukan media penyiaran, dan juga yang tidak kalah penting yaitu rating yang digunakan untuk mengukur seberapa laris suatu media penyiaran. Beliau mengungkapkan bahwa tidak dapat dipungkiri tayangan yang ada di TV tidak dapat lepas dari kebijakan pemilik media, selain itu masih ada regulasi pemerintah, keinginan pengiklan, dan banyak hal lain yang berpengaruh pada isi suatu program penyiaran. Maka dari itu kembali lagi ke pemirsa, pemirsa TV harus pandai-pandai memilah dan memilih program mana yang memberikan manfaat dan mana yang tidak.

Pembicara kedua ada bapak Ray Wijaya selaku Pimpinan Redaksi News MNC TV. Beliau memaparkan bagaimana sekarang ini media sudah menjadi suatu lahan bisnis yang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar sehingga membuat banyak pihak tertarik dengan bisnis di bidang media. Tidak hanya keuntungan finansial saja, tetapi keuntungan dari segi penguasaan informasi juga menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis media semakin menggiurkan. Maka dari hal itulah, media sekarang ini tidak ada yang benar-benar murni menyampaikan fakta karena pasti ada beberapa pihak yang memiliki kepentingan dibaliknya.

Selanjutnya ada dosen kita Ibu Nurul Hasfi atau yang biasa kita panggil Mbak Nurul yang memaparkan regulasi dan kebijakan yang mengikat media penyiaran. Beliau mengungkapkan bahwa sebenarnya sudah ada banyak peraturan perundang-undangan yang mengatur isi atau konten yang harus dipatuhi oleh semua media penyiaran. Dan pembicara yang terakhir yatu Bapak Drs. Sosiawan yang mewakili KPID Jawa Tengah. Dalam paparannya, beliau mengungkapkan peran Komisi Penyiaran Indonesia dalam menyaring konten-konten media yang layak untuk ditayangkan kepada pemirsa. Namun selain itu beliau juga menambahkan bahwa sebagai pemirsa, sekali lagi kita diingatkan untuk turut serta memberikan kritik ataupun masukan ke pihak media demi terwujudnya media TV dengan konten yang sehat dan bermanfaat.

Setelah semua pembicara mengemukakan paparannya, tibalah pada acara pengumuman pemenang lomba presenter yang sudah diadakan pagi harinya. Dan ternyata yang keluar sebagai pemenang lomba Presenter adalah Eva Ratna dari Jurusan kta tercinta, Jurusan Ilmu Komunikasi UNDIP. Selain pemenang lomba presenter, diumumkan juga pemenang kritik dan saran dari peserta terbaik yang berjumlah 5 orang pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Acara ini juga banyak memberikan hadiah-hadiah lain kepada peserta melalu beberapa kuis dan games yang pastinya seru dan menyenangkan.

Dan akhirnya acara ditutup dengan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta dan juga sesi foto bersama. Seminar dan Workshop MNC Campus Fest kali ini mengingatkan kita untuk menjadi pemirsa yang cerdas yang sadar akan haknya untuk memilih tayangan yang disiarkan oleh Televisi sebagai salah satu media.
So, ayo bersama-sama jadi pemirsa yang cerdas. 🙂
Sekian dulu post kali ini, semoga memberikan manfaat pada kalian yang udah menyempatkan waktu buat membaca.
Yang terakhir, mari bersama-sama kita ucapkan FUN, SMART, AND DYNAMIC…. SALAM KOMUNIKASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *